BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIA FAKTA HUKUM

Bersama Bapak Mardi Babinsa Koramil 08/BTP Cek Kondisi Kolam Ikan Milik Peternak



FAKTAHUKUM.ID|TANAH DATAR- Peduli kepada masyarakat binaan, Babinsa Koramil 08/BTP, Kopda Rahmat hidayat laksanakan pengecekan kondisi kolam ikan nila sebanyak 1.000 ekor beserta 1 orang masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan tetap di kolam milik bapak Mardi seluas 5 X 7 M di jorong Kubu Kerambi, Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh. Minggu (18/06/2023 ).


Kopda Rahmat Hidayat bersama dengan bapak Mardi memanfaatkan pekarangan rumahnya yang terletak di Jorong Kubu Kerambi, Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar membangun kolam ikan untuk budidaya ikan nila dan umur ikan yang dipeliharanya saat memasuki 15 hari .

Menurutnya Kopda Rahmat Hidayat, pertama kali bapak Mardi usahanya ini terbangun dari hobinya yang suka beternak dan memelihara ikan. Dimana sebelumnya ia juga seorang pemancing ikan.

Lanjutnya, dari hasil beternak ini cukup lumayan untuk penuhi kebutuhan pangan keluarga bapak Mardi dan dirinya mendapatkan tambahan penghasilan. Namun baginya hal tersebut adalah bonus, karena ia memiliki gaji tetap sebagai abdi negara.

“Lumayan sih, tapi itu nomor 2. Saya seorang prajurit jadi abdi negara nomor ”1 katanya. Ia memulai usaha ternak ikan nila bersama bapak Mardi tersebut pada tahun 2020 silam, dimana sedang senggang ia sengaja menonton youtube dan melihat banyak yang sukses dalam membudidayakan ikan khususnya ikan gurami.

“Awalnya coba-coba tapi saya lihat dan saya benahi satu persatu, mulai dari wadahnya, kolam dan beli ikan. Alhamdulillah sekarang udah menghasilkan,” kata Kopda Rahmat Hidayat.Ia mengatakan, dalam membudidayakan bibit ikan nila ini tidak bisa sembarangan. Pasalnya terdapat beberapa teknik yang harus diikuti.

“Jadi awalnya kita ambil dulu telurnya dari sarang. Kemudian dipisahkan dan di peram jadi larva. Setelah menjadi larva 10 hari, baru bisa di letakkan kembali kedalam kolam,” katanya.

Kopda Rahmat Hidayat mengatakan, untuk pakannya sendiri ia melakukan sistem simboisis mutualisme.“Pakan indukannya itu dari eceng gondok. Dan pakan bibit saya kasih cacing sutra yang saya budidayakan sendiri,” ujarnya.

Penutup Kopda Rahmat Hidayat Ia juga mengatakan untuk siapa saja yang hendak belajar soal budidaya ikan nila dan cacing sutra, ia bersedia untuk mengajarkannya.Tutupnya. ( RF )

Posting Komentar

0 Komentar