BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIA FAKTA HUKUM

SMK KAL-1 Sukses Gelar ANBK Selama Dua Hari

Surabaya, (01/09) | Pelaksanaan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bagi siswa SMK KAL-1 Surabaya berlangsung selama dua hari, (30-31 Agustus 2023) berlangsung di Ruang Laboratorium Computer di ikuti oleh 45 siswa kelas XI dengan cadangan 5 siswa.

Selama mengikuti ANBK hari pertama , siswa di bagi dalam dua sesi, sesi pertama pada jam 07.30-09.30 melaksanakan Literasi dan survei karakter dan pada sesi kedua  pada jam 10.40- 12.50 melanjutkan materi yang sama literasi dan survei karakter.

Pada hari kedua , sesi pertama 07.40-09.40 melaksanakan  ANBK dengan materi Numerasi dan survei lingkungan belajar,pada sesi kedua jam 09.40- 12.50 materi  yang sama Numerasi dan survei lingkungan belajar.

Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd secara terpisah menyampaikan kepada awak media bahwa peserta yang telah mengikuti ANBK tersebut merupakan pilihan secara acak oleh Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi di Bidang Sekolah Menengah  Kejuruan. Sedangkan selama pelaksanaan ANBK tim pengawas di tunjuk oleh Rayon 7, dan betulan pengawas yang di tempatkan di SMK KAL-1 merupakan guru dari SMK KAL-2 atas nama :  Berlina Cahya Puspita, S.Psi, Suhartini, S.Pd., M.M, Anita  Nisfilyah, S.Pd dan Vivin Yuniartika, S.Pd.

Selanjutnya Kasatdik SMK KAL-1, sekokah  yang berada dalam naungan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah dengan Ketuanya Kolonel Laut (KH)  Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP ini   menambahkan bahwa ada empat kompetensi yang diukur pada ANBK 2023 ini , yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. Hasil dari ANBK ini nantinya akan menjadi penilaian tiap sekolah dalam bentuk Rapor Pendidikan yang berisi data kualitas satuan pendidikan sekolah tersebut.

Ketua Pelaksana yang juga sebagai Waka Kurikulum SMK KAL-1 Ismail, S.E jauh-jauh hari sesuai arahan Kasatdik untuk menyiapkan siswanya dalam menghadapi ANBK, pada Numerasi siswa bisa konsultasi kepada guru matematika dan untuk Literasi siswa bisa mendalami melalui guru Bahasa Indonesia.

Kami berharap bahwa dengan ANBK ini dapat meningkatkan kemampuan Literasi  dan Numerasi bagi peserta didik.  Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuannya. Selain itu bahwa dengan ANBK yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dapat dijadikan suatu evaluasi untuk meningkatkan kualitas  pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di satuan pendidikan.

Selama pelaksanaan ANBK seluruh peserta dapat melaksanakan tugasnya denngan baik, tidak ada suatu kendala apapun, hal ini tentunya  hasil dari kerjasama seluruh manajemen sekolah, guru mapel, Tim IT, Kabeng, Kaprodi , Waka yang di arsiteki  langsung oleh Kasatdiknya.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar