BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIA FAKTA HUKUM

Tingkatkan Perekonomian Warga Di Perbatasan RI-PNG, Satgas Yonif 511/DY Edukasi Cara Pembuatan Minyak Goreng Secara Tradisional

Merauke | Begitu banyak buah kelapa yang terbuang tidak dimaanfatkan oleh masyarakat maka dari itu Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY hadir untuk berikan edukasi kepada masyarakat untuk mengolah buah kelapa menjadi minyak goreng yang bisa dimanfaatkan. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Serda Ahmad Fauzi Asrori beserta 9 anggota lainnya di *Kampung Tomerau, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke.* Senin (20/03/2023).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P., dalam rilisnya di Sota mengatakan bahwa kegiatan tersebut selain merupakan salah satu wujud pembinaan teritorial yang dilakukan oleh prajurit Satgas Pamtas Yonif 511/DY, juga sebagai bentuk motivasi kepada masyarakat agar semakin kreatif membuat minyak goreng yang bahan dasarnya bisa didapatkan di lingkungan sekitar. 

“Besar harapan dengan memanfaatkan kelapa yang tersedia di alam sebagai bahan baku minyak goreng dengan demikian kebutuhan rumah tangga tercukupi dan dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan pemulihan ekonomi. Harapan kami juga masyarakat bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan masyarakat maupun keluarga," tutur Dansatgas Yonif 511/DY.

Serda Ahmad Fauzi mengatakan bahwa buah kelapa merupakan salah satu bahan pangan yang banyak sekali manfaatnya salah satu yaitu diolah menjadi minyak goreng. Kami bersama masyarakat mengambil kelapa tua dari pohonnya kemudian mengupas, memarut dan memeras untuk menjadi santan hingga memasaknya menjadi minyak goreng.

“kegiatan edukasi proses pembuatan minyak goreng secara tradisional kepada masyarakat membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Setelah sari santan menggumpal dan sebagian menjadi minyak goreng barulah disaring dan dilakukan pengemasan. Produk minyak kelapa ini bisa berpotensi dikembangkan lebih lanjut untuk dapat meningkatkan penghasilan warga serta dapat menjadi inovasi produk terbaru di UMKM Kampung Tomerau yang bernilai ekonomi tinggi," ucap Serda Ahmad Fauzi.

Di tempat yang sama, Bapak Stannly (43) mengucapkan “terima kasih anggota Pos Tomerau Satgas Yonif 511 Badak Hitam telah membantu kami dalam memanfaatkan buah kelapa menjadi minyak goreng yang sangat bermanfaat, semoga ini merupakan awal yang baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kampung Tomerau,” tutur Bapak Stannly.

Posting Komentar

0 Komentar